Sabtu, 04 Oktober 2014

TUGAS 1
“ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE”

Assalamualaikum wr.wb ^^ Disini saya mendapat tugas Teori Organisasi Umum (Softskill) untung menjabarkan "Arti Pentingnya Organisasi dan Metode". Langsung dimulai saja ya.. Bismillah ^^

Ø  Pengertian Organisasi
Sebelum diberikan kepastian tentang pengertian organisasi ada baiknya di sini dikutipkan beberapa pendapat tentang Organisasi dari berbagai ahli, yaitu :

1. Oliver Sheldon (1923)
                Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas, sedemikian rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasikan dari usaha yang tersedia.

2. Chester I.Barnard (1938)
                Organisasi adalaah suatu system tentang aktivitas-aktivitas kerjasama dari dua orang atau lebih sesuatu yang  tak bersifat pribadi, sebagian besar mengenai hal hubungan-hubungan.

3. Ernest Dale (1952)
                Organisasi adalah suatu proses perencanaan. Ini berikatan dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Organisasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang di dalamnya ada sekelompok  orang yang bekerja untuk mencapai tujuan tertentu dan didasari adanya hubungan-hubungan. Tentunya kelompok yang ada di suatu Organisasi tersebut sudah terpilih secara terampil agar bias mengerjakan tugasnya masing-masing dan mereka bisa bekerja sama antar rekanya.

Ø  Manajemen dan Organisasi

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Dapat kita ambil pengertian organisasi dari Dexter Kimball & Dexter Kimball,Jr (1947) yaitu “ Organisasi merupakan bantuan bagi manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan memerinci hubungan-hubungan yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang. Organisasi sebagai suatu aktivitas, sesungguhnya adalah cara keja manajemen.”
Jadi dapat kita simpulkan di dalam manajemen adalah ketrampilan-ketrampilan para individu yang sedang dalam suatu kelompok Organisasi dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Ø  Manajemen dan Tata Kerja

Tata kerja : Pembentukan sebuah struktur kerja yang disusun dengan membentuk badan utama yang bertugas membuat skat-skat bagian dari sebuah organisasi atau anggota kelompok.
Dapat disimpulkan hubungan Manajemen dan Tata Kerja sangat erat karena tanpa adanya Tata Kerja, Manajemen tidak akan berjalan yang semestinya, tidak ada kepemimpinan dalam Organisasi tersebut. Karena di dalam Manajemen itu sendiri masing-masing individu sudah ditugaskan untuk melakukan pekerjaanya. Jadi perlu adanya Tata Kerja dalam Manajemen tersebut agar Organisasi yang dibuat dalam berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan nya.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a.  Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu   
     yang tersedia.
b. Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat digambarkan seperti dibawah ini :

Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.

Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

Ø  Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja

Mereka sangatlah berhubungan erat. Tanpa ada nya mereka salah satu, suatu tujuan tertentu tidak akan berjalan dengan yang semestinya. Manajemen sebagai proses kegiatan tujuan melalui kerja sama antar manusia membutuhkan pola-pola kerja untuk individu-individu dalam melakukan tugasnya masing-masing (Tata Kerja) dan Organisasi adalah alat bagi pencapaian tujuan tertentu tersebut itu.
Dari konsep diatas, jelas ketiganya mengarah kepada tercapainya tujuan yang semestinya.

Referensi:
Buku = Dasar-Dasar Organisasi, Pengarang Sutarto, Yogyakarta; Gadjah Mada University Press, 1989


Sumber :         
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://rianprasetyamulya.blogspot.com/2009/12/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar