Kamis, 14 November 2013

Tugas Softskill (2)


Usaha Pelestarian Lingkungan

Di zaman yang makin modern ini, kini banyak usaha-usaha yang harus melibatkan beberapa hutan-hutan alam seperti penebangan liar karena ulah-ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Bukan hanya itu saja, ternyata ulah lainya yang diperbuat seperti membuang sampah tidak pada tempatnya adalah sekian dari penyebab kerusakan lingkungan alam yang kita tempati. Padahal, tanpa di sadari ulah manusia yang merugikan banyak orang itu juga akan merugikan dirinya sendiri. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang berbunyi “Bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia”, itu adalah salah satu bunyi UU Nomor 32 Tahun 2009 tersebut. Tetapi, nyatanya masyarakat Indonesia belum benar-benar menjalankan hidup yang baik dan sehat tersebut. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia harusnya menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan dengan cara pelestarian lingkungan terutama di wilayah sendiri atau sekitarnya.

Ada beberapa cara usaha untuk melestarikan lingkungan di wilayah sendiri, yaitu :

a.      Buang sampah pada tempatnya. Mungkin kata itu sudah sering kita jumpai di jalan tetapi pada kenyataanya tidak banyak orang yang menerapkanya pada kehidupan sehari-hari. Padahal, hal kecil tersebut sangat berpangaruh besar terhadap lingkungan sekitar.
b.      Gotong Royong. Di lingkungan-lingkungan berpenduduk pasti sudah menjadi tradisi hari minggu untuk melakukan kerja bakti dengan cara gotong royong, ini yang biasanya dilakukan untuk melestarikan lingkungan di wilayah-wilayah berpenduduk.
c.       Reboisasi. Penanaman kembali, hal ini juga sering dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap sejuk, rimbun, dan enak dipandang.
d.      Selalu memperhatikan selokan-selokan jalanan dan selalu merawatnya dengan cara tidak buang sampah di selokan, membersikan lumut-lumut yang ada di dasar selokan tersebut.
e.      Menjaga daerah resapan air. Ini harus di lakukan agar lingkungan terhindar dari bencana alam seperti banjir. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar