Minggu, 05 April 2015

Tugas 5 (Strategi Pemasaran PT. Gramedia)

STRATEGI PEMASARAN 4P
(PT. GRAMEDIA)



Disini, saya akan menjabarkan Strategi Pemasaran Toko Buku Gramedia menurut analisa saya. Tetapi ternyata PT. Gramedia sudah menjelaskan Strategi Pemasaran nya dan tidak menyangkutkan 4P, tetapi 3P (People,Process, and Physical Evidence).

PT.Gramedia adalah anak perusahaan dari kompas Gramedia. Perusahaan ini didirikan pada  2 februari 1970 yang telah berkembang sampai tahun 2011 di perkirakan sudah lebih dari 50 toko Gramedia yang telah tersebar di indonesia. Cara PT.Gramedia dalam melakukan strategi pemasaran barang dan jasa terutama dalam bidang 3P (People, Process,and Physical Evidence) sehingga membuat PT.Gramedia ini terus berkembang.
           
ü  People,  adalah mengenai orang yang berperan dalam suatu perusahaan PT.Gramedia sehingga perusahaan tersebut dapat berjalan dan berkembang, baik itu para dewan direksi, staff, maupun pegawainya. Orang yang memproduksi dan memasarkan suatu produk juga memiliki penilaian dimata konsumen.Seperti contoh: bagaimana pelayanan pegawai dalam melayani pelanggannya,hal ini juga sangat berpengaruh di mata konsumen. Sejauh ini tindakan yang sudah dilakukan PT.Gramedia sangat membuat nyaman pelanggan dalam mencari produk. Karena bukan hanya pelayanan pegawai saja tetapi pihak direksi dan staff juga membuat ide tentang produk . PT.Gramedia saat ini menawarkan produk  tidak hanya terbatas pada buku dan alat tulis,tapi juga peralatan kantor, kamus elektronik, DVD, alat olahraga, kamera, CD dan film, sampai alat music.

ü  Process , adalah serangkaian tindakan atau metode – metode yang diperlukan PT.Gramedia untuk memberikan produk atau jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya. Suatu proses bisa berisi tentang metode atau prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan konsumen.Salah satu nilai diferensiasi yang di tawarkan oleh PT.Gramedia adalah adanya dukungan system teknologi informasi yang memberikan kemudahan untuk perusahaan dan konsumen. Bagi PT.Gramedia dalam penerapan system teknologi informasi ini akan memberikan gambaran tentang jumlah perputaran barang yang masuk dan keluar setiap saat. Sedangkan bagi konsumen dukungan system teknologi informasi ini memberikan kemudahan untuk mencari buku yang dicari.Sangat efektif dan efesien.

ü  Physical Evidence, adalah hasil yang dapat dilihat secara nyata untuk mendukung penampilan suatu produk, sehingga memperlihatkan secara langsung kualitas produk serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Dengan cara adanya menambah ide dengan menambah beberapa produk tambahan dan dukungan system teknologi informasi sudah membuat PT.Gramedia ini menjadi lebih menarik. Terutama dalam dukungan system teknologi informasi . Bagi perusahaan system teknologi informasi ini akan memberikan gambaran tentang jumlah perputaran barang yang masuk dan keluar setiap saat sehingga hal ini bisa membantu perusahaan menjaga ketersediaan barang dan mencegah kekosongan. Sedangkan bagi konsumen system teknologi informasi ini sangat efektif dan efesien.Karena hanya  dengan cara memasukan kata kunci yang berupa judul buku atau nama penerbit maka penjelajahan bisa dilakukan. Informasi itu pun lengkap dengan map, tempat rak buku itu di letakan.

Nah, sekarang kita mengetahui Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh PT. Gramedia. Sekarang, saya akan mengeluarkan sedikit analisis saya tentang Price, Product, Promotion, dan Place  ( 4P ) PT. Gramedia tersebut.

1.    Product
Bisa kita tau PT. Gramedia terkenal akan buku buku ilmu pengetahuan dan buku – buku seni lainya, entah itu novel, komik, dll. Menurut saya, strategi pemasaran Product Gramedia ini karena ingin menyediakan “Perpustakan Umum”. Mungkin jaman dulu orang – orang jika ingin membaca buku harus ke perpustakaan yang berdiri di suatu Organisasi atau Yayasan tertentu, tetapi dengan adanya PT. Gramedia ini, orang – orang tidak perlu lagi pergi membaca buku di perpustakaan khusus, dengan adanya PT. Gramedia, segalanya menjadi mudah dan efisien, dan kita pun tidak hanya dapat membaca nya, tetapi kita bisa membelinya tanpa meminjam.
Sekarang kita tau, Gramedia tidak hanya menyediakan buku, tetapi juga barang – barang lainya seperti, alat tulis, alat elektronik, dll. Mungkin PT. Gramedia ingin mengembangkan perusahaan nya dengan perusahaan serba ada. Tetapi, walaupun sekarang Gramedia menyediakan selain Buku-Buku ketika kita mendengar kata “Gramedia”, fikiran kita akan berfikir tentang “Buku-Buku”.
2.    Price
Harga-harga yang tertara di Gramedia cukup terjangkau dan sangat berkualitas. Kita sering lihat ketika buku yang sedang booming dibicarakan, pasti harga jual buku tersebut bisa terbilang mahal, karena strategi pemasaran adalah semakin banyak peminat, semakin harga jual yang tinggi. Factor apa yang bisa membuat peminat makin banyak dan harga tinggi tidak jadi masalah? Yaitu “Isi” buku tersebut. Cerita atau isi yang ada pada buku, bisa meningkatkan daya tarik konsumen dan perusahaan pun (Khususnya Gramedia) bisa dengan mudah menaikkan harga yang cukup tinggi. Jangan khawatir, PT. Gramedia tidak menaikkan semua harga buku, harga buku pada umumnya di Gramedia sangatlah terjangkau J

3.    Promotion
Ketika kita mendengar dan membiacarakan “Promotion”, yang terbenak di fikiran kita adalah apa yang kita promosikan dan bagaimana kita mempromosikan barang tersebut. Ternyata Gramedia punya strategi yang cukup unik, yaitu mengadakan lomba – lomba ketika ada event event. Dan itu adalah salah satu strategi pemasaran yang cukup baik untuk mempromosikan barang – barang Gramedia secara tidak langsung.

4.    Place
Ketika kita sudah membicarakan Place (Tempat) pasti kita mencari yang “Strategis”. Yang dimaksud Strategis itu tempat yang tidak susah ditemukan dan dapat dijangkau jaraknya dengan mudah bagi masyarakat. Gramed pada awalnya berdiri sendiri, tetapi zaman berkembang, dan Gramedia pun akhirnya mendirikan Toko nya tersebut di Mall Mall atau Pusat Perbelanjaan dengan tujuan agar Mall tidak hanya untuk fasilitas berbelanja dan orang orang dapat menjangkau nya dengan mudah. Dan sekarang Gramedia pun mempunya cabang di masing-masing tempat agar memudahkan pengiriman stock barang (Terutama Buku).

Mungkin itu menurut saya tentang 4P yang ada pada PT. Gramedia. Jika ada kekurangan dari Artikel saya ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya ucapkan Terima Kasih J


Wassalamualaikum, wr.wb


Sumber : 
- http://sandrayuliapermatasari.blogspot.com/2011/12/perkembangan-ptgramedia-dalam-strategi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar