Minggu, 19 April 2015

MENGUNGKAPKAN SEJARAH, SIMBOL LAMBANG & PERKEMBANGAN PERUSAHAAN TELKOMSEL


Semakin banyak Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia yang bersaing dan memiliki keunggulan masing – masing. Salah satu contoh adalah TELKOMSEL. Dikenal sebagai provider GSM pertama di ASIA, tentu saja Telkomsel tak luput dari Sejarah dan “Simbol Logo” yang dibuat memiliki arti tersendiri.

Semakin modern Negara Indonesia, semakin berkembangnya pula Perusahaan ini dengan menjadikan dirinya salah satu provider terbaik di Indonesia. Maka dari itu, saya akan menjabarkan Sejarah, Simbol Lambang, & Perkembanganya hingga kini dari sumber-sumber yang tersedia.

o   SEJARAH TELKOMSEL

Telkomsel merupakan salah satu operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia yang pernah meluncurkan layanan pasca bayar pertamanya sekitar tanggal 26 Mei 1995. Pada saat itu kepemilikan saham Telkomsel dikuasai oleh PT. Telkom (51%) dan PT. Indosat (49%), dan Telkomsel pernah berhasil menjadi sebuah operator seluler pertama yang menawarkan layanan prabayar GSM di ASIA pada November 1997. Beginilah sejarah Telkomsel selanjutanya.

Sepanjang sejarah Telkomsel, operator ini memiliki 3 produk GSM, yaitu simPATI (Prabayar), kartuAS (Prabayar, kartuHALO (Pasca bayar). Saat ini saham Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura SingTel (35%). Telkom merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Replubik Indonesia, sedangkan SingTel merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Singapura. Pada tahun 1995, secara resmi Telkomsel mendapat izin untuk memberikan jasa telekomunikasi selular GSM-nya secara resmi, setelah sebelumnya sukses sebagai pilot project Telkom dalam proyek percontohan GAM do Batam. Berbeda dengan operator lain, sejarah Telkomsel dilanjutkan dengan mulai membangun jaringan dan meyani pelangganya dari luar jawa seperti dari Batam, Medan dan daerah – daerah lainya. Lalu pada tahun 1996, Telkomsel mulai beroperasi di ibu kota Jakarta dan berhasil melayani seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya pengoperasian layanan Telkomsel Ambon dan Jayapura.

Setelah berhasil meluncurkan produk pasca bayarnya kartuHALO, Telkomsel kembali menjadi operator yang mempolopori kartu prabayar isi ulang di Asia dengan meluncurkan produk pertamanya simPATI. Kartu simPATI tersebut diluncurkan saat krisis ekonomi melanda yaitu sekitar tahun 1997, karena hal itu pula Telkomsel memberikan solusi kepada para pengguna jasa seluler untuk melakukan pengontrolan anggaran komunikasinya. Hal yang mengejutkan, Telkomsel berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9002 untuk Costumer Service On-line dari PT Tuv Rheinland Jerman, dimana hal tersebut juga berarti menandai layanan pelanggan Telkomsel bahwa mereka telah memenuhi standarisasi mutu internasional.

Pada tahun 1998, Telkomsel membuat program baru untuk mengembangkan jaringanya dengan mencanangkan Word Class Operator sebagai tolak ukur standar yang dimilikinya. Positionin baru unutk kartu prabayar Telkomsel yang dinamai dengan simPATI Nusantara tersebut bermottokan “simPATI tetap terkendali”. Kartu simPATI sebelumnya hanya bisa digunakan di area registrasinya saja, namun kini simpati bisa digunakan di seluruh wilayah di Indonesia.

Pada tahun 2000 Telkomsel juga mempolopori layanan Mobile Banking di Indonesia yang bekerja sama dengan bank Panin. Hal ini merupakan salah satu inovasi Telkomsel dalam mengintegrasikan system teknologi telekomnikasi dan informasi dalam system Banking. Sekitar akhir bulan Maret 2009, Telkomsel berhasil memiliki pelanggan sekitar 72,1 juta orang berdasarkan statistic industry yang mewakili pangsa pasar dengan perkiraan sekitar 50%. Telkomsel menyediakan layanan selular di Indonesia melalui produk dual band GSM 900-1800 MHz, jaringan 3G serta jaringan Internasional melalui 341 Mitra Proaming Internasional di 180 Negara (menurut catatan akhir Maret 2009). Pada September 2006 pun di Telkomsel berhasil menjadi operator pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan jaringan 3G.

Sungguh sangat beragam dan lika liku perusahaan telekomunikasi yang satu ini. Berbagai keberhasilan pun secara perlahan dan pasti membawa Telkomsel dan Apple South Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G di Indonesia pada tanggal 20 Maret 2009 lalu. Ini merupakan salah satu kesuksesan Telkomsel lainya yang pastinya sangat membanggakan para pelanggan setianya.

Operator Telkomsel disebut-sebut memiliki jangkauan jaringan terbesar di Indonesia, dimana menyediakan jangkauan jaringan yang mencapai lebih dari 95% persen dari jumlah penduduk Indonesia dan di klaim bahwa Telkomsel merupakan satu – satunya operator di Indonesia yang mencakup seluruh Negara, Provinsi dan Kabupaten, baik Kecamatan yang ada di Sumatera, Jawa, mapun Bali. Perusahaan Telkomsel ini menawarkan GSM dual band (900 dan 1800), GPRS, WiFi,  Edge dan teknologi 3G.

Slogan yang dimilki oleh PT telkomsel adalah “Begitu Dekat Begitu Nyata”. Dengan slogan ini diharapkan dapat menjadiakn Telkomsel sebagai perusahaan jasa telekomunikasi bergerak yang paling banyak jumlah pelangganya serta selalu mengutamakan kualitas dan ketersediaan kapasitas jaringan terluas dalam menyediakan jasa pelayanan yang terbaik kepada pelangganya.

o   SIMBOL LAMBANG TELKOMSEL



§  Lingkaran Elips Horizontal
Lingkaran yang membelah heksagon tersebut melambangkan penyelenggara jasa telekomunikasi domestik (PT.Telkom).
§  Lingkaran Elips Vertical
Melambangkan penyelenggaraan jasa telekomunikasi Internasional di Indonesia (PT.Telkom) sebagai salah satu “The Founding Father”.
§  Heksagon Merah
Melambangkan seluler, warna merah sendiri bermakna telkomsel berani dan siap menyongsong masa depan dengan segala kemungkinan.
§  Heksagon Abu-Abu Kehitaman
Melambangkan Telkomsel selalu siap mengayomi dan terus memenuhi kebutuhan pelanggan, sedangkan warna abu-abu adalah warna logam yang berarti kesejukan, luwes, dan fleksibel
§  Pertemuan Dua Lingkaran Berwarna Putih di Atas Heksagon Merah
Melambangkan bentuk huruf ‘t’ sebagai huruf awal telkomsel. Warna putih pada huruf ‘t’ tersebut mengandung makna keberanian, keterbukaan, dan transparansi.

o   PERKEMBANGAN PERUSAHAAN TELKOMSEL

Jakarta, 30 Oktober 2014 - Telkomsel meraih hasil yang memuaskan hingga kuartal ketiga (Q3) 2014 dengan mencatatkan pencapaian 139,3 juta pelanggan atau tumbuh 8,9% YoY (Year on Year) dan pertumbuhan di segala lini bisnis baik digital (mobile broadband dan digital services) maupun bisnis suara dan SMS. Hal ini menjadikan Telkomsel selama 3 tahun berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid dan mampu menjaga pertumbuhan pendapatan sebesar 10% ditengah-tengah industri telekomunikasi yang telah mature. Tingkat profitabilitas mampu dijaga dengan baik, dengan EBITDA margin konsisten di atas 55% dan net INCOME di atas 28%. 

Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, "Pencapaian ini merupakan buah kepercayaan dan dukungan pelanggan serta seluruh stakeholders, sehingga Telkomsel dapat terus menjadi yang terdepan memimpin industri telekomunikasi selular tanah air dan dapat terus berkontribusi kepada bangsa Indonesia, salah satunya dengan menjadi pembayar pajak terbesar bagi negara."

Catatan yang baik ini didorong oleh pertumbuhan yang kuat di bisnis digital sebesar 32,5% YoY, dimana mobile broadband tumbuh 32.9% YoY dan digital services tumbuh 28.4% YoY. Trafik data juga naik tajam 146.1% dibandingkan tahun sebelumnya. Di saat yang sama, Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan suara sebesar 7,2% YoY dan SMS sebesar 2,8 YoY.

"Kami akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk, layanan dan teknologi terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan layanan mobile broadband dan secara berkelanjutan membangun infrastrukturnya agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia. Hingga kini kami telah menjangkau lebih dari 95% dari total poulasi Indonesia, membangun 369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83,000 BTS dimana 37.000 BTS diantaranya merupakan BTS 3G", ujar Alex.

§  Percepat Terbentuknya Masyarakat Digital Indonesia

Saat ini Telkomsel memiliki 63.5 juta pelanggan data atau lebih dari 46% total pelanggannya. Selain itu saat ini Telkomsel memiliki 35.4 juta pelanggan pengguna smartphone  yang merepresentasikan 25% dari total pelanggan. Untuk meningkatkan penggunaan mobile broadband di Indonesia Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi bertajuk "Indonesia Genggam Internet". Program ini diharapkan akan dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan manfaat positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.

Dalam menjaga leadership di industri telekomunikasi selular tanah air, Telkomsel selalu merespon terhadap perubahan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat. Dalam waktu dekat, Telkomsel segera menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Telkomsel pun sebelumnya telah sukses melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta dan pada ajang APEC 5-7 Oktober 2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan ini dapat segera dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.  

"Telkomsel menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal utama. Kunci utamanya adalah memberikan layanan yang prima. Hingga saat ini pelanggan telah dilayani melalui lebih dari 400 kantor pelayanan Telkomsel atau  GraPari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan  268 mobile GraPari yang siap menembus daerah pelosok sekalipun, serta Call Center yang bersertifikasi ISO 9001:2008", tutup Alex. 

Selain pertumbuhan pendapatan yang baik, kepercayaan akan kualitas layanan Telkomsel juga mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga nasional dan internasional antara lain sebagai Indonesia Mobile Service Provider of the Year dari Indonesia Service Excellence Awards 2014, Best Customer Support Channels dan Best Services dari Frost and Sullivan Asia Best Practives in Customer Experience Awards, dan sebagai Operator of The Year Serta Best Digital Service dari Selular Award 2014.

Kinerja yang telah dicapai adalah hasil kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas. Telkomsel memahami pertumbuhan perusahaan juga harus diiringi dengan pertumbuhan masyarakat sekitar. Untuk itu beragam program tanggung jawab sosial telah dilaksanakan yang meliputi bidang pendidikan, social ekonomi, lingkungan dan kebencanaan.

o   Kesimpulan

Perjuangan PT Telkomsel ini sangatlah patut diacungi jempol karena mereka adalah pencipta provider GSM pertama di ASIA. Karena inovasinya yang sangat bagus, Telkomsel kini menjadi kartu provider favorite masyarakat Indonesia karena jangkauan pun yang luas dan mendapatkan kerja sama dari Apple South Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G. Sangatlah kita bangga atas kerja keras PT Telkomsel ini sehingga dapat mewakili nama Indonesia memiliki perusahaan telekomunikasi yang terbaik.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar