Minggu, 03 Mei 2015

Corporate Social Responsibility (CSR)

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (PT PANASONIC GOBEL INDONESIA)
“Teori”

 

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa / fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR dimulai sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.
Kegiatan CSR akan menjamin keberlanjutan bisnis yang dilakukan. Hal ini disebabkan karena :
1. Menurunnya gangguan social yang sering terjadi akibat pencemaran lingkungan, bahkan dapat menumbuh kembangkan dukungan atau pembelaan masyarakat setempat.
2. Terjaminnya pasokan bahan baku secara berkelanjutan untuk jangka panjang.
3. Tambahan keuntungan dari unit bisnis baru, yang semula merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh korporat.

Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:

1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan.
3. Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik.
4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik.
5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya.


Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
1. Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4. Adanya pembangunan desa / fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:
1. Meningkatkan citra perusahaan.
2. Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
3. Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
4. Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5. Memberikan inovasi bagi perusahaan.

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Pada PT PANASONIC GOBEL INDONESIA

“Pemanfaatan Sumber Daya dan Energi yang Terbatas”

Tingkat populasi dunia diperkirakan akan melebihi 9 milyar penduduk pada akhir 2050. Guna memastikan kehidupan yang lebih baik, nyaman, dan aman di masa mendatang, sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan sumber daya dan energi terbatas yang kita miliki sebaik mungkin. Sejak pertama kali didirikan, Panasonic senantiasa memfokuskan diri pada sumber daya manusianya, serta bagaimana mendukung pengembangan kehidupan masyarakat melalui rangkaian produk dan layanan yang bervariasi. Mengusung semangat “A Better Life, A Better World”, Panasonic memiliki tujuan untuk mendukung terciptanya masyarakat berkelanjutan, melalui rangkaian solusi yang didasarkan pada teknologi yang mampu menyimpan, membuat, dan mengatur energi; serta merealisasikan wilayah perumahan dan non-perumahan yang lebih nyaman dengan penggunaan energi yang minim.

Konservasi Energi di Rumah (Konservasi Tenaga dan Air menggunakan ECONAVI)

Mayoritas program rumah tangga Panasonic telah dilengkapi dengan fungsi ECONAVI. Fungsi ini secara otomatis mampu mendeteksi kelebihan listrik serta menyesuaikannya untuk mengkonservasi energi dan air dengan sendirinya. Misalnya, kulkas ECONAVI secara otomatis mempelajari jika tidak sedang digunakan akan mengurangi daya pendinginan yang tidak dibutuhkan. TV akan mengatur tingkat keterangan layar didasarkan pada lokasi penontonnya serta tingkat cahaya ruangan. Sedangkan mesin cuci mampu mendeteksi tingkat kekeringan baju dan menyesuaikan penggunaan listrik dan air yang dikeluarkan. Secara khusus didesain untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kehidupan penggunanya seraya mengurangi buangan emisi CO2, Panasonic menghadirkan rangkaian produk dan layanan rumah tangga di 88 negara di seluruh dunia.

Solusi Energi untuk Toko Retail (Toko Masa Depan Ramah Lingkungan)

Dibangun dengan menggunakan rangkaian teknologi dan produk ramah lingkungan yang dikembangkan oleh Panasonic, Panasonic bekerjasama dengan mitra usaha dalam mengembangkan area non-perumahan seperti toko retail yang ramah lingkungan.
Misalnya, dalam Toko Lawson yang berlokasi di Kota Ebina, Jepang, sebuah sistem kulkas hemat energi non-CFC terbaru serta alat pajangan yang dingin diinstalasi; unit AC professional digunakan; ventilator dan peralatan dapur diperkenalkan; pemasangan sistem jaringan yang mampu memaksimalkan pengoperasian alat-alat; serta pemasangan sistem pemantauan jarak jauh ERMOS. Sebagai tambahan, bagian atap toko juga dilengkapi dengan baterai berdaya matahari (18 KW) yang memanfaatkan solar panel HIT secara efisien, yang apabila digabungkan dengan sistem penyimpanan baterai lithium-ion dan pusat energi akan membantu mengurangi penggunaan energi hingga 30%.
Menggunakan teknologi hijau, seperti sistem kulkas non-CFC; sistem manajemen energi (EMS); sistem penyimpanan dan penciptaan energi yang mengkombinasikan solar panel dan penyimpanan baterai lithium-ion; serta lampu LED, Panasonic berencana untuk terus berkolaborasi dengan pihak-pihak komersial untuk semakin mengembangkan toko-toko retail ramah lingkungan lainnya.

Solusi Energi Perkotaan (Model Terbaru untuk Perkotaan Masa Depan)

Panasonic mendorong terciptanya perkotaan yang berkesinambungan dengan area hijau yang memadai, serta didukung dengan produksi dan konsumsi lokal. Menggunakan tenaga listrik dan jaringan IT yang dikonstruksikan secara khusus oleh Panasonic dan rekannya, Fujiwa Sustainable Smart Town diperkirakan akan dibuka pada bulan Maret 2014 di Kota Fujisawa, wilayah Kanagawa, Jepang. Kota ini dianggap sebagai “Kota Masa Depan”, yang didukung oleh sistem perumahan yang aman untuk ditempati. Untuk merealisasikan visi Fujisawa, kami menargetkan tujuan mulia serta mengimplementasikan panduan untuk meraihnya, termasuk pengurangan emisi CO2 hingga 70% di kota tersebut melalui penggunaan solar panel dan baterai penyimpanan di semua rumah; pengurangan penggunaan air domestic hingga 30%; penggunaan energi terbarukan hingga 30%; serta penimbunan jalur hijau. Mengikuti model bisnis yang memanfaatkan pengalaman Panasonic dalam pembangunan kota, kami bermaksud untuk secara aktif mempromosikan kota pintar ini di dalam maupun di luar wilayah Jepang.

Teknologi ramah lingkungan milik Panasonic juga berkontribusi terhadap pengembangan kota pintar di China. Misalnya di Dalian, ketika pemilihan lokasi tempat tinggal, mayoritas masyarakat memiliki perhatian khusus terhadap kualitas udara di sekitar rumah mereka. Dalam proyek Dalian BEST-CITY, untuk memenuhi kebutuhan, teknologi baru yang mampu menampilkan visualisasi kualitas air digabungkan dalam sistem HEMS perumahan, yang juga menampilkan visualisasi penggunaan energi.

Sementara itu, di Singapura, Panasonic bekerjasama dengan organisasi pemerintah untuk berpartisipasi dalam proyek Total Energy Solutions, yang sedang diimplementasikan dalam perumahan umum di wilayah Punggol.
Kontribusi Terhadap Lingkungan Melalui Produk Ramah Lingkungan
Panasonic mempersembahkan rangkaian material, produk, serta teknologi pendukung yang berkontribusi terhadap penciptaan, penyimpanan energi dan air, contohnya adalah CASART ECO CORIDS, yang merupakan sebuah rumah yang dikembangkan oleh PanaHome yang mengkombinasikan berbagai fitur seperti HIT solar panel; bahan bakar Ene-Farm untuk penggunaan di rumah; serta HEMS pintar. Untuk meraih kebutuhan pasar, Panasonic akan secara berkesinambungan memanfaatkan teknologi dan produk ini dan memberikan nilai tambah, serta mendorong kehidupan yang lebih baik bagi konsumen.


Kontribusi Terhadap Lingkungan Melalui Produk Ramah Lingkungan

Panasonic mempersembahkan rangkaian material, produk, serta teknologi pendukung yang berkontribusi terhadap penciptaan, penyimpanan energi dan air, contohnya adalah CASART ECO CORIDS, yang merupakan sebuah rumah yang dikembangkan oleh PanaHome yang mengkombinasikan berbagai fitur seperti HIT solar panel; bahan bakar Ene-Farm untuk penggunaan di rumah; serta HEMS pintar. Untuk meraih kebutuhan pasar, Panasonic akan secara berkesinambungan memanfaatkan teknologi dan produk ini dan memberikan nilai tambah, serta mendorong kehidupan yang lebih baik bagi konsumen.

Kesimpulan :

Corporate Social Respondibility adalah kegiatan social perusahaan untuk lingkungan dimana sebagai rasa tanggung jawab terhadap tempat yang mereka tempati. Kegiatan yang sangat berdampak positif bagi lingkungan ini sangat perlu dijalankan dan harus ada di setiap perusahaan (terutama perusahaan yang  kebutuhan utamanya adalah Sumber Daya Alam).
Mengapa di Butuhkan CSR dalam suatu perusahaan? Jawabanya adalah “Bagaimana perusahaan memberikan tanggung jawab terhadap lingkungan yang di tempatinya agar tidak merugikan di lingkungan sekitarnya?”.
Dalam hal ini, PT Panasonic Gobel Indonesia merencanakan kegiatan CSR yang salah satunya adalah “Pemanfaatan Sumber Daya dan Energi yang Terbatas”. Dengan adanya konsep dan pelaksanaan kegiatan tersebut, Panasonic menempatkan perusahaanya menjadi kebanggaan lingkungan dan masyarakat. Dan adanya penggabungan SDA dengan Teknologi ini, Panasonic mampu membuat semua terlihat ramah lingkungan.

Sumber :
http://seputar-mahasiswa.blogspot.com/2013/10/pengertian-csr-manfaat-csr-dan_3763.html
https://www.panasonic.com/id/corporate/sustainability/limited-resources.html#.VUY5l9Oqqko



Tidak ada komentar:

Posting Komentar