Sabtu, 04 Oktober 2014

TUGAS 2
“CIRI-CIRI, UNSUR, DAN TEORI ORGANISASI”

Assalamualaikum wr.wb. Tugas Ke 2 saya, akan menjelaskan tentang “Ciri-Ciri, Unsur, dan Teori Organisasi” Bismillah..

·         Ciri-Ciri Organisasi

^ Adanya Komponen ( Atasan dan Bawahan)
^ Adanya Kerjasama (Cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
^ Adanya Tujuan
^ Adanya Sasaran
^ Adanya Keterikatan Format dan Tata Tertib Yang Harus Ditaati
^ Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
ü  Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
ü  Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
ü  Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
ü  Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

Ada juga yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain yang behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:
ü  Rumusan batas-batas operasionalnya(organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas, organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
ü  Memiliki identitas yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain sebagainya.
ü  Keanggotaan formal, status dan peran. Pada setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati bersama.


·         Unsur-Unsur Organisasi



Seperti gambar di atas, Unsur-Unsur Organisasi terdiri dari :

                = Lingkungan
                = Struktur
                = Manusia
                = Prinsip-Prinsip Dasar
                = Tempat Kedudukan
                = Pekerjaan
                = Teknologi
               
                Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :

1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan Bersama-sama.

Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

Ø  MAN
MAN (Orang-Orang), dalam kehidupan organisasi atau ketata lembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personel. Pegawai atau personel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (Administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (Non-Management / Workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (Man Power) organisasi.

Ø  KERJASAMA
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (Man Power) organisasi.

Ø  TUJUAN BERSAMA
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (Network).

Ø  PERALATAN (EQUIPMENT)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

Ø  LINGKUNGAN (ENVIRONMENT)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (Policy), strategi, anggaran (Budgeting), dan peraturan-peraturan (Regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.

·         Teori Organisasi

Apakah Teori Organisasi itu ?
Ialah disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan desain Organisasi. Teori Organisasi menunjuk aspek-aspek deskriptif maupun preskriptif dari disiplin ilmu tersebut. Teori itu menjelaskan bagaimana organisasi dapay di konstruksi guna meningkatkan keefektifan mereka.

Teori Organisasi yang ada sekarang ini merupakan hasil dari sebuah proses evolusi. Selama beberapa dekade, para akademisi dan praktisi dari berbagai latar belakang dan perspektif telah mengkaji dan menganalisis Organisasi-Organisasi.

Ø  Evoluasi Teori Organisasi Terdiri atas :

# Teori Klasik Teori tipe organisasi (Birokrasi) oleh Max Weber (Sosiolog Jerman Teori manajemen Ilmiah oleh Fredrick Winslow Taylor (AmerikaTeori ) administrative (prinsif- prinsif organisasi) oleh Henry Fayol (Prancis).
# Teori Organisasi dan Manajemen Neo Klasik
#Teori Modern
#Teori organisasi dan manajemen Jepang

Ø  5 Golongan Teori Organisasi Modern (Prajudi Atmosudirdjo):
Teori organisasi klasik;
Teori organisasi hubungan antar manusia
Teori proses;
Teori prilaku;
Teori Sistema.

Ø  4 Macam Teori Organisasi (Amitai Etzioni) :
Teori Klasik (Scientific management);
Aliran hubungan manusia (human relations);
Sistem pendekatan struktural;
Teori pembuatan keputusan

Ø  9 Macam Teori Organisasi (Wursanto, 2003:260-274)
Teori organisasi klasik;
Teori organisasi birokrasi;
Teori organisasi human relations;
Teori organisasi perilaku;
Teori organisasi proses;
Teori organisasi kepemimpinan;
Teori organisasi fungsi;
Teori organisasi pembuatan keputusan;
Teori organisasi kontingensi.

Ø  8 Pendekatan Teori Organisasi (Harold Koontz dan Cyrill o’Donnell)
Pendekatan pengalaman atau kasus (the empirical, or case approach);
Pendekatan prilaku antar pribadi (the interpersonal behavior approach).
Pendekatan perilaku kelompok (the group behavior approach);
Pendekatan kerjasama sistem social (the cooperative social system approach);
Pendekatan sistem teknik sosial (the sociotechnical system approach);
Pendekatan teori keputusan (the decision theory-center approach);
Pendekatan pusat komunikasi (the communication-center approach);
Pendekatan operasi (the operational approach).

·         Teori Organisasi :

1. Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisonal)
a. Teori Birokrasi.
                        b. Teori Administrasi.
                        c. Manajemen Ilmiah.

2. Teori Neoklasik (Teori hubungan antar manusiawi)
Yaitu teori hubungan antar manusiawi yang menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan.

3. Teori Organisasi Modern
Teori organisasi modern adalah semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan.


Sumber dan Referensi : 
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-organisasi.html
http://aliadelina.blogspot.com/2012/10/unsur-organisasi.html
http://tanamalt.blogspot.com/2011/09/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi.html
Buku TEORI ORGANISASI Struktur, Desain & Aplikasi, Stephen P.Robbins.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar