TUGAS 2
“CIRI-CIRI,
UNSUR, DAN TEORI ORGANISASI”
Assalamualaikum wr.wb. Tugas Ke 2 saya, akan menjelaskan tentang “Ciri-Ciri,
Unsur, dan Teori Organisasi” Bismillah..
·
Ciri-Ciri Organisasi
^ Adanya Komponen ( Atasan dan
Bawahan)
^ Adanya Kerjasama (Cooperative
yang berstruktur dari sekelompok orang)
^ Adanya Tujuan
^ Adanya Sasaran
^ Adanya Keterikatan Format dan
Tata Tertib Yang Harus Ditaati
^ Adanya pendelegasian wewenang dan
koordinasi tugas-tugas
Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
ü
Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial
yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan,
ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
ü
Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang
menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida,
artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta
wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
ü
Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada
umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial
antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal
dengan gejala “birokrasi”.
ü
Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa
eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam
organisasi itu.
Ada juga yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa
ciri lain yang behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:
ü
Rumusan batas-batas operasionalnya(organisasi)
jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas, organisasi akan mengutamakan
pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama.
Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan
yang mengikat berdasarkan kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi
anggotanya.
ü
Memiliki identitas yang jelas. Organisasi akan
cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang
jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan
pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain
sebagainya.
ü
Keanggotaan formal, status dan peran. Pada
setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan
batasan yang telah disepakati bersama.
·
Unsur-Unsur Organisasi
Seperti gambar di atas, Unsur-Unsur Organisasi
terdiri dari :
= Lingkungan
= Struktur
= Manusia
= Prinsip-Prinsip Dasar
= Tempat Kedudukan
= Pekerjaan
= Teknologi
Secara garis besar organisasi
mempunyai tiga unsur yaitu :
1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan Bersama-sama.
Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu
kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli
tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi
yang satu dengan yang lain saling melengkapi.
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang
antara lain sebagai berikut:
Ø
MAN
MAN
(Orang-Orang), dalam kehidupan organisasi atau ketata lembagaan sering disebut
dengan istilah pegawai atau personel. Pegawai atau personel terdiri dari semua
anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri
dari unsur pimpinan (Administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam
organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan
fungsinya masing-masing dan para pekerja (Non-Management / Workers). Semua itu
secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (Man Power) organisasi.
Ø
KERJASAMA
Kerjasama merupakan suatu perbuatan
bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk
mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang
menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan
pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (Man Power)
organisasi.
Ø
TUJUAN BERSAMA
Tujuan
merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang
akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa
yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai
melalui prosedur, program, pola (Network).
Ø
PERALATAN (EQUIPMENT)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau
equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan
barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
Ø
LINGKUNGAN (ENVIRONMENT)
Faktor
lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi.
kebijaksanaan (Policy), strategi, anggaran (Budgeting), dan peraturan-peraturan
(Regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.
·
Teori Organisasi
Apakah Teori Organisasi itu ?
Ialah
disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan desain Organisasi. Teori Organisasi
menunjuk aspek-aspek deskriptif maupun preskriptif dari disiplin ilmu tersebut.
Teori itu menjelaskan bagaimana organisasi dapay di konstruksi guna
meningkatkan keefektifan mereka.
Teori Organisasi
yang ada sekarang ini merupakan hasil dari sebuah proses evolusi. Selama beberapa
dekade, para akademisi dan praktisi dari berbagai latar belakang dan perspektif
telah mengkaji dan menganalisis Organisasi-Organisasi.
Ø
Evoluasi Teori Organisasi Terdiri atas :
# Teori
Klasik Teori tipe organisasi (Birokrasi) oleh Max Weber (Sosiolog Jerman Teori
manajemen Ilmiah oleh Fredrick Winslow Taylor (AmerikaTeori ) administrative
(prinsif- prinsif organisasi) oleh Henry Fayol (Prancis).
# Teori Organisasi dan Manajemen Neo Klasik
#Teori Modern
#Teori organisasi dan manajemen Jepang
Ø
5 Golongan Teori Organisasi Modern (Prajudi
Atmosudirdjo):
Teori
organisasi klasik;
Teori
organisasi hubungan antar manusia
Teori proses;
Teori
prilaku;
Teori Sistema.
Ø
4 Macam Teori Organisasi (Amitai Etzioni) :
Teori Klasik
(Scientific management);
Aliran
hubungan manusia (human relations);
Sistem
pendekatan struktural;
Teori
pembuatan keputusan
Ø
9 Macam Teori Organisasi (Wursanto,
2003:260-274)
Teori
organisasi klasik;
Teori
organisasi birokrasi;
Teori
organisasi human relations;
Teori
organisasi perilaku;
Teori
organisasi proses;
Teori
organisasi kepemimpinan;
Teori
organisasi fungsi;
Teori
organisasi pembuatan keputusan;
Teori
organisasi kontingensi.
Ø
8 Pendekatan Teori Organisasi (Harold Koontz
dan Cyrill o’Donnell)
Pendekatan
pengalaman atau kasus (the empirical, or case approach);
Pendekatan
prilaku antar pribadi (the interpersonal behavior approach).
Pendekatan
perilaku kelompok (the group behavior approach);
Pendekatan
kerjasama sistem social (the cooperative social system approach);
Pendekatan
sistem teknik sosial (the sociotechnical system approach);
Pendekatan
teori keputusan (the decision theory-center approach);
Pendekatan
pusat komunikasi (the communication-center approach);
Pendekatan
operasi (the operational approach).
·
Teori Organisasi :
1. Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisonal)
a. Teori
Birokrasi.
b.
Teori Administrasi.
c.
Manajemen Ilmiah.
2. Teori
Neoklasik (Teori hubungan antar manusiawi)
Yaitu
teori hubungan antar manusiawi yang menekankan pentingnya aspek psikologis dan
sosial karyawan.
3. Teori
Organisasi Modern
Teori
organisasi modern adalah semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan
saling ketergantungan.
Sumber dan Referensi :
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-organisasi.html
http://aliadelina.blogspot.com/2012/10/unsur-organisasi.html
http://tanamalt.blogspot.com/2011/09/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi.html
Buku TEORI ORGANISASI Struktur, Desain & Aplikasi, Stephen P.Robbins.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar