TULISAN 7
4
CARA MENYEIMBANGKAN KERJA DAN HIDUP
Banyak
orang yang mengalami kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan hidup karena
takut dipecat. Makanya kita selalu bekerja keras hingga lupa waktu untuk
menikmati hidup,” menurut psikologi Robert Brooks, pengarang buku The Power of
Resilience: Achieving Balance, Confidence, and Personal Strength in Your Life.
Berikut
adalah 4 upaya yang bisa Anda lakukan supaya hidup Anda lebih seimbang:
1. Membuat
Jadwal
Ketika Anda membuat jadwal
mingguan, pastikan ada waktu untuk keluarga, teman, dan aktivitas untuk
rileksasi pikiran dan fisik. Ketika Anda meluangkan waktu dan jadwal, matikan
smartphone Anda dan nikmati kebersamaan.
Atau Anda bisa bangun lebih pagi
3 jam sebelum pergi bekerja sehingga Anda punya waktu berolahraga atau
bercengkrama sebentar bersama keluarga.
2. Gunakan
waktu sebaik-baiknya
Banyak orang membuang banyak
waktu ketika jam kerja seperti menggosip atau merokok. Coba lakukan hal ini:
datanglah tepat waktu. Ketika jam kerja, fokus pada penyelesaian pekerjaan,
jangan membuang waktu membuka dan membaca status di media sosial.
3. Berolahraga
Memang sulit meluangkan waktu
sibuk kita untuk berolahraga. Tapi manfaat berolahraga juga banyak untuk
meningkatkan energi dan fokus ketika bekerja. Cobalah untuk berolahraga minimal
satu jam setiap harinya untuk menambah semangat bekerja Anda.
4. Rileksasi
Jangan beramsumsi kalau Anda
harus melakukan perubahan yang drastis untuk membagi waktu. Cobalah memulai
hal-hal yang realistis seperti pulang tepat waktu satu hari dalam seminggu.
Membangun aktivitas secara
pelan-pelan sangat penting untuk Anda. Anda bisa saja menghabiskan waktu satu
jam setiap minggunya untuk hobi atau pergi bersama-sama keluarga.
Bahkan, dianjurkan pula untuk
mengambil waktu 10 – 15 menit untuk mengisi ulang tubuh Anda seperti berendam,
membaca, mendengarkan musik atau apapun yang bisa memicu semangat hidup Anda.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar