Haaaaaaaiiii... Kali ini gue gamau bikin sajak atau frasa yang kurang indah buat dibaca, kali ini gue mau nulis diary yg harusnya gue tulis di buku diary yg udah gue punya sejak kecil dan sampai sekarang masih dipake, tapi gue pikir untuk pembaca yang ngebaca udah sampe sini nih, gue harap kalian bisa ambil sisi positifnya :D
Jadi, langsung aja ya dimulai... Gue udah masuk semester akhir atau semester dimana skripsweet segera harus dikerjakan demi keberlangsungan masa depan yang cerah. Alhamdulillah, gue dikasih skripsi murni (ini Gunadarma aja kayaknya yg ada) langsung dapet dosen untuk membimbing kita. Alhamdulillah juga dosen yang ngebimbing kita nama2nya udah turun.. but.. bukan disini intinya.
Yap... Gue dikasih ujian sama Allah dengan adanya penyakit di tubuh gue yang belum jelas apa sakitnya, yang jelas gue udah berobat ke puskesmas, sampe ke rumah sakit, sampe kayak orang udah sakit parah ya, tapi belum ketauan juga apa penyakitnya.
Kalian pasti nanya terus kenapa ?
Ya! Gue iri sama temen2 gue yang udah ngerjain skripsweet nya, saling membantu, bahu membahu, bisa kesana kemari tanpa ngerasa kelelahan, berbeda dengan gue. Mungkin bagi kalian yg baca biasa aja, tapi ya.. gue yg punya badan.. rasanya ada aja rasa lelah yg tiba2 muncul disaat gue gak lagi ngapa2in, itu gabisa ditolong banget, tapi mungkin karena rasa lelah itu munculnya agak sering, jadi gue bisa ngendaliin dari sekarang.
Ya, dan gue masih iri banget sama orang yang bisa makan - makanan bebas, semaunya mereka.. kalian tau gak sih ? Gue dikasih jang food sekali aja besoknya juga udah mau passed away. Mungkin ini yg gabaik dari gue, adanya sifat iri gue, gue gatau ya kalian yang ngebaca ini bakal bersikap gimana ke gue, tapi yang jelas gue iri sama kalian yang sehat walafiat. Guys, skripsweet harus dikerjakan jauh2 hari, temen2 gue udah pada mau kelar, gue boro2, bimbingan aja bener2 nunggu tau dulu penyakitnya apa, ini penyakit belum ketahuan, tapi fisik udah nunjukin gejala2 yang aneh.
Alhamdulillah, walaupun dengan keluarga gue yg sederhana, mereka masih mau ngurusin anak penyakitan yg gak wajar, dan gue bukan anak orang kaya yang bisa langsung ke rumah sakit buat tau penyakit gue apa, butuh proses :D
So, ya itu aja yg bisa gue kasih contoh ke kalian. Pasti bertanya2, trs pelajaran yang kalian bisa ambil apa ?
Jaga makanan kalian, jaga tubuh kalian, jaga pola makanan kalian, kalian harus tetap bersyukur, sesusah apapun skripsweet yang sedang kalian kerjakan, kalian masih punya jiwa dan raga dan otak buat mikir, buat bekerja, buat berusaha MAKSIMAL. Tapi, ingat istirahat juga guys, jangan sering begadang.. lebih bagus lagi, kalau begadang kalian buat sholat tahajud. Karena itu emang hal yang kecil, tapi... Efeknya jangka panjang banget.
So, buat temen2 yg ngerasa diujung tanduk dengan persoalan skripsweet atau PI atau apapun yg kalian hadapi, SELAGI BADAN KALIAN MASIH SEHAT, tandanya kalian harus tetap bersyukur dan jangan pernah mengeluh. Kalau mau ngeluh, sama Allah aja guys.
Btw... Ini gue termasuk ngeluh gak sih ?? :D
Sorry for that, and bye bye guys :*
Jumat, 10 Maret 2017
Senin, 06 Februari 2017
Segores Luka Setitik DEBU.
Sebutir Debu.
Menjadi segores luka setitik debu...
Pernahkah merasakan hampa?
Pernakah hidup ini seolah tak berpihak?
Pernakah merasa takdir terlalu kejam memberikan kepahitan semua ini?
Ya! Debu.
Sebutir debu, bahkan tidak pernah diharapkan kehadiranya,
Selalu diasingkan keberadaanya.
Pernakah seperti ini, hai "Debu"?
"Debu",
Seperti ini rasanya, ya...
Sekarang kutahu betul, bagaimana menjadi dirimu..
Sungguh ironi ya "Debu", kinI diriku menjadi bagian seperti mu...
Argh! Debu.....
Maafkan aku...
Bukanya aku mengasingkanmu lagi..
Tapi air mata ini mencoba menyingkirkanmu dari mataku...
Maaf Debu...
Aku tau ini perih.
Senin, 6 Februari 2017
Pukul 21.03 PM
Kamis, 10 November 2016
PROPOSAL PENGANTAR TELEMATIKA "APLIKASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO"
PROPOSAL
PENGANTAR TELEMATIKA ”APLIKASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN
ANDROID STUDIO”
DiSUSUN OLEH
Dede Sepurohman
Erianti Anggraini (12113919)
Saiful Rohman (18113198)
Siti Ruhmana Siregar (18113585)
Sophia Budiyanto (18113608)
UNIVERSITAS GUNADARMA
Jl. Margonda Raya No. 100, Pondok
Cina, Depok 16424 Jawa Barat
No.Telp : (021) 7863819, (021)
7872829, (021) 7863788
Depok, 28 November 2016
Kepada Yth.
Dosen Softskill Bapak Budi Setiawan
Depok
Sebelum kami
ucapkan terima kasih kepada Bapak Budi Setiawan karena telah memberikan
kesempatan kepada kami untuk mengajukan proposal ini. Adapun isi dari proposal
ini yaitu untuk menawarkan suatu Inovasi Telematika Aplikasi. Untuk membuat
sistem ini, diperlukan software yang mendukung pembuatan aplikasi tersebut,
yaitu sebuah Android Studio Berbasis Android kemudian beberapa software
pendukung lainnya.
Proposal yang
kami tawarkan kepada Bapak Budi Setiawan merupakan proposal Inovasi Telematika
yang sangat bermanfaat dalam rangka untuk inovasi periklanan Serta pembelajaran
fisika tingkat SMA.
Kami menunggu
kabar baik dari Bapak Budi Setiawan, demikianlah proposal ini kami ajukan untuk
diteliti dan dikoreksi. Besar harapan kami agar Bapak menerima inovasi
telematika kami mengenai Aplikasi Pembelajaran Fisika Berbasis Android
Menggunakan Android Studio ini dapat terwujud.
Terima Kasih
Hormat
Kami
Penulis
A. Latar Belakang Masalah
Teknologi aplikasi mobile
mengalami perkembangan. Aplikasi mobile yang
berkembang sekarang ini sudah banyak yang dipadukan dengan tema dan fungsi
lain. Salah satunya selain sebagai sarana hiburan, juga terdapat aplikasi mobile yang digabungkan dengan unsur edukasi. Pada
penulisan ini, penulis tertarik untuk mengambangkan sebuah aplikasi mobile berbasis Android yang juga
mengandung unsur edukasi. Penulis memilih membuat aplikasi untuk perangkat smartphone berbasis Android ini
dikarenakan saat ini Android cukup banyak diminati.
Pada dasarnya saat ini para pelajar menggunakan buku / kamus untuk
mencari / menghitung rumus. Dengan adanya aplikasi ini, para pelajar cukup
hanya menggunakan smartphone mereka untuk mengetahui rumus – rumus fisika
dan dapat menghitungnya secara langsung pada smartphone android mereka.
Aplikasi yang akan penulis buat ini sangat cocok untuk dapat menghitung
dengan cepat dan akurat rumus – rumus fisik untuk pelajar tingkat SMA. Andorid
memang memiliki keunggulan tersendiri dari sisi grafis dan multimedia, ini
salah satu alasan penulis membuat aplikasi rumus ini menggunakan Androis sebagai
tools pendidikan bagi para pelajar
Sekolah Menengah Atas.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, penulis
merumuskan permasalahan sebagai berikut:
- Bagaimana
merancang sebuah aplikasi android yang dapat diterapkan pada pembelajaran fisika
?
- Bagaimana
memanfaatkan smartphone berbasis Android untuk pembelajaran fisika yang
efektif dan efisien ?
3. Bagaimana
pengguna/user dapat melakukan perhitungan rumus dan pemahaman teori fisika pada
Aplikasi berbasis Android?
C. Batasan Permasalahan
Adapun
batasan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut :
1.
Aplikasi Android tentang Pembelajaran Fisika untuk
tingkat SMA
2.
Fitur dalam aplikasi ini terdiri dari 24 rumus fisika
tingkat SMA.
3.
Memanfaatkan smartphone Android untuk melakukan
perhitungan rumus - rumus fisika tingkat SMA.
D. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membuat
aplikasi mobile berbasis android yang memiliki unsur edukasi. Aplikasi ini
berguna untuk mengetahui dan menghitung rumus – tumus fisika secara cepat dan
akurat. Dalam menyelesaikan persoalan perhitungan pada mata pelajaran fisika
diharapkan aplikasi ini dapat berguna dan bermafaat bagi pelajar maupun
pengajar pada tingkat Sekolah Menengah Atas.
E. Manfaat Penelitian
Manfaat yang ingin dicapai dalam implementasi project mata kuliah
Analisis Telematika ini adalah:
1.
Sebagai penambah wawasan dan meningkatkan kemampuan
mahasiswa, khususnya dalam bidang pemograman dan aplikasi berbasis Android.
2.
Mempermudah mahasiswa khususnya tingkat SMA untuk
mendapatkan pembelajaran fisika yang efektif dan efisien dan mudah dipahami.
F. Tinjauan Pustaka
1. Fisika
Merupakan sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang
terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam
ruang lingkup dan waktu. Pada fisikawan atau ahli fisika mempelajari perilaku
dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel
submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi
alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
Beberapa
sifat yang dipelajari dalam fisika merupakan sifat yang ada dalam semua sistem
materi yang ada, seperti hukum kekekalan energi. Sifat semacam ini sering
disebut sebagai hukum fisika. Fisika sering disebut sebagai ”ilmu paling mendasar”, karena setiap ilmu
alam lainya (biologi, kimia, geologi,
dan lain – lain) mempelajari jenis sistem materi tertentu yang mematuhi hukum
fisika. Misalnya, kimia adalah ilmu tentang molekul dan zat kimia yang
dibentuknya. Sifat suatu zat kimia ditentukan oleh sifat molekul fisika seperti
mekanika kuantum, termodinamika, dan elektromagnetika.
Fisika juga berkaitan erat dengan
matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan
matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang
digunakan dalam bidang sains lainya. Perbedaan antara fisika dan matematika
adalah : fisika berkaitan dengan pola – pola abstrak yang tak selalu
berhubungan dengan dunia material. Namun, perbedaan ini tidak selalu tampak
jelas. Ada wilayah luas penelitian yang berisian antara fisika dan matematika,
yakni fisika matematis, yang mengembangkan struktur matematis bagi teori –
teori fisika.
2. Android
Android adalah sebuah kumpulan perangkat lunak untuk
perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi utama
mobile.
Andorid memiliki 4 karakteristik sebagai berikut :
1)
Terbuka
Android
dibangun untuk benar – benar terbuka sehingga sebuah aplikasi dapat memanggil
salah satu fungsi inti ponsel seperti membuat panggilan, mengirim pesan teks,
menggunakan kamera, dan lain – lain.
2)
Semua aplikasi dibuat sama
Android
tidak memberikan perbedaan terhadap aplikasi pihak ketiga. Semua aplikasi dapat
dibangun untuk memiliki akses yang sama terhadap kemampuan sebuah telepon dalam
menyediakan layanan dan aplikasi yang luas terdapat para pengguna.
3)
Memecahkan hambatan pada aplikasi
Android
memecah hambatan untuk membangun aplikasi yang baru dan inovatif. Misalnya,
pengembang dapat menggabungkan informasi yang diperoleh dari web dengan data
pada ponsel seseorang seperti kontak pengguna, kalender, atau lokasi geografis.
4)
Pengembangan aplikasi yang cepat dan mudah
Android
menyediakan akses yang sangat luas kepada pengguna untuk menggunakan library
yang diperlukan dan tools yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang
semakin baik. Android memiliki sekumpulan tools yang daoat digunakan sehingga
membantu para pengembang dalam meningkatkan produktivitas pada saat membangun
aplikasi yang dibuat.
3. Android SDK
Pemasangan Android
SDK pada Windows tidaklah rumit, dan pada dasarnya tahap pemasangan di Windows,
Linux, ataupun Mac hamper sama. Untuk mendapatkan Androis versi terakhir, maka
dapat diunduh langsung dari website resmi Android. Setelah mengunduh, ekstrak
berkas Android yang di unduh, sehingga akan muncul file – file Androis SDK.
Android SDK
merupakan tools bagi para programmer yang ingin mengembangkan aplikasi berbasis
Google Android. Android SDK mencakup seperangkat alat pengembangan yang
komprehensif. Android SDK terdiri dari debugger, libraries, handset emulator,
dokumentasi, contoh kode, dan tutorial.
4. Android Studio
Android studio merupakan sebuah
Integrated Development (IDE) untuk platform Android. Android Studio ini
diumumkan pada tanggal 16 Mei 2013 pada konferensi Google I/O oleh Produk
Manajer Google, Ellie Powers. Android Studio dengan versi 0.1 pada bulan Mei
2013, kemudian dibuat versi beta 0.8 yang dirilis pada bulan Juni 2014. Yang
paling stabil dirilis pada bulan Desember 2014, dimulai dan versi 1.0
berbasiskan JetBrainss’ InteliJ IDEA. Android Studio di desain khusus untuk Android Development. Dan sudah bisa di
download untuk Windows, Mac OS X, dan Linux.
5. Database SQLite
menurut Jay A. Kreibich (2010, 12)
SQLite merupakan paket perangkat lunak yang bersifat public domain yang
menyediakan system manajemen basis data relasional atau RDBMS. Sistem basis
data relasional digunakan untuk menyimpan record yang didefinisikan oleh pengguna
pada ukuran tabel yang besar dan memproses perintah query yang kompleks dan
menggabungkan data dari berbagai tabel untuk menghasilkan laporan dan rangkuman
data.
Kata
“Lite” pada SQLite tidak menunjuk pada kemampuanya, melainkan menunjuk pada sifat
dari SQLite, yaitu ringan ketika dihubungkan dengan kompleksitas pengaturan,
administrative overhead, dan pemakaian sumber.
SQLite
memiliki fitur – fitur sebagai berikut :
a)
Tidak memerlukan server Arsitektur SQLite tidak
memiliki arsitektur client server. Kebanyakan system database skala besar
memiliki paket server yang besar yang membentuk mesin database.
b)
Single File Database SQLite mengemas selurus database
ke dalam suatu single file. Single file tersebut berisi layout database dan
data actual yang berada pada tabel dan indeks yang berbeda. Format file dapat
digunakan pada banyak platform dan dapat diakses pada mesin manapun tanpa
memperhatikan native byte order ataupun ukuran kata
Pengemasan database ke dalam suatu file tunggal memudahkan
pengguna untuk membuat, menyalin, ataupun mem – backup image database yang
berada di dalam media penyimpanan.
c)
Zero Configuration SQLite tidak membutuhkan apapun
untuk melakukan instalasi dan konfigurasi. Dengan mengeliminasi server dan
menggabungkan database secara langsung ke dalam aplikasi, maka pengguna tidak
perlu mengetahui bahwa mereka sedang menggunakan database.
d)
Embedded Device Support ukuran code dari SQLite
bersifat kecil dan penggunaan sumber daya yang konservatif membuatnya cocok
digunakan untuk embedded system yang berjalan terbatas pada system operasi.
e)
Fitur – fitur yang unik SQLite menggunakan system
dengan tipe dinamis untuk tabel – tabel. SQLite memungkinkan pengguna untuk
memasukkan nilai ke dalam kolom tanpa memperhatikan tipe data. Pada beberapa cara
pemakaianya, system yang bertipe dinamis pada SQLite mirip dengan system yang
ditemukan pada bahasa scripting yang popular, yang sering memiliki sebuah tipe
scalar yang dapat menerima semua tipe data dari integer sampai string. Fitur
lainya adalah kemampuan untuk memanipulasi lebih dari satu basis data pada satu
waktu. SQLite mempunyai kemampuan dalam menghubungkan sebuah koneksi database
tunggal dengan banyak file basis data secara bersamaan. Hal ini memungkinkan
SQLite untuk memproses SQL statement yang menjembatani beberapa basis data
sekaligus.
f)
Compatible License SQLite dan SQLite code tidak
memiliki lisensi pengguna dan tidak dilindungi oleh GNU’s Not Unix (GNU) General Public License (GPL) atau
lisensi open source sejenisnya. Hal ini berarti pengguna dapat melakukan apapun
dengan source code SQLite, sehingga library code dapat digunakan dengan
berbagai cara, dimodifikasi dengan berbagai cara dan didistribusikan dengan
berbagai cara.
g)
Highly Reliable. Sejumlah tes telah dilakukan sebelum
library SQLite masing – masing dirilis. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan
tingkat kehandalan yang tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Aurelia Asha, Pop
– up Rumus Fisika SMA, Kompas Ilmu, Jakarta 2015.
2.
Nazudin Safaat H, Android,
Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung:
INFORMATIKA, 2014.
3.
Supriadi Dodit, Pemograman
Aplikasi Android, Malang, Mediakom, 2013
Senin, 10 Oktober 2016
PERKEMBANGAN TELEMATIKA PADA KARTU TANDA MAHASISWA (SMARTCARD UG) di UNIVERSITAS GUNADARMA
PERKEMBANGAN TELEMATIKA PADA
KARTU TANDA MAHASISWA (SMARTCARD UG) di UNIVERSITAS GUNADARMA
Paper diajukan untuk memenuhi tugas Softskill
(Pengantar Telematika)
SISTEM INFORMASI
Disusun Oleh
Erianti Anggraini
4KA17
12113919
4KA17
12113919
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah
Subhanahuwataala. Salawat dan salam kita kirimkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad
Sallallahu-alaihiwasallam, karena atas hidayah-Nyalah paper ini dapat
diselesaikan. Paper ini penulis sampaikan kepada pembina mata kuliah Softskill
Bapak Budi Setiawan sebagai salah satu syarat tugas yang diajukan mata kuliah
tersebut. Tidak lupa Penulis ucapkan terima kasih kepada Bapak yang telah
berjasa mencurahkan ilmu kepada penulis.
Penulis memohon kepada Bapak/Ibu dosen khususnya,
umumnya para pembaca apabila menemukan kesalahan atau kekurangan dalam karya
tulis ini, baik dari segi bahasanya maupun isinya, penulis mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun kepada semua pembaca demi lebih baiknya
karya-karya tulis yang akan datang.
Jakarta, 10 Oktober 2016
Penulis
Jakarta, 10 Oktober 2016
Penulis
I.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Fasilitas – fasilitas yang
diberikan pada tiap – tiap Universitas sangat mewadahi para mahasiswa/I untuk
melakukan proses belajar dan mengetahui materi materi yang akan diberikan oleh
para dosen dihari esok. Fasilitas Website, E-Learning, dll di tiap – tiap Universitas
membawa kemudahan bagi para mahasiswa dan mahasiswinya masing – masing.
Di Universitas Gunadarma
sendiri, BAAK Online ( http://baak.gunadarma.ac.id ) kita dapat melihat
berbagai informasi – informasi terbaru dari Universitas, misalnya kita para
mahasiswa baru dapat mengetahui kelas yang nantinya akan kami tempati dan serta
mengetahui NPM ( Nomor Pokok Mahasiswa ) dan juga dapat mengetahui jadwal mata
kuliah yang akan kita terima di masing – masing kelas. Di Studentsite (
http://studentsite.gunadarma.ac.id ), kami para mahasiswa dapat mengumpulkan
tugas dan mengetahui berita – berita terbaru dari kampus dan dari BAAK Online
juga, dan terdapat kalender akademik dan jadwal perkuliahan juga didalamnya. Di
V-Class ( http://v-class.gunadarma.ac.id ) kita dapat melakukan pembelajaran
atau class secara online jika dosen tidak dapat hadir dalam suatu pertemuan
maka dosen akan mengadakan V-Class.
Didalam perkuliahan juga
kami dapat menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Universitas Gunadarma yaitu
Smartcard yang dapat kita gunakan sebagai ATM, Kartu Tanda Mahasiswa dan masih
banyak keunggulan Smart Card yang lainnya.
Pada Paper kali ini, Penulis
akan membahas Perkembangan Telematika Pada Kartu Tanda Mahasiswa (Smartcard) di
Universitas Gunadarma
II.
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
merupakan kartu identitas bagi mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa di
Universitas tertentu dan sebagai kartu untuk kegiatan akademik maupun non
akademik kampus (Misal: Peminjaman buku di perpustakaan, Pembuatan KRS
Sementara, dan lain – lain). Sampai dengan lulus ujian skripsi, KTM asli wajib
disimpan dan jangan sampai hilang. Kehilangan KTM ini dapat melakukan pembuatan
kembali. Bisa terlebih dahulu membuat surat bukti kehilangan. KTM biasanya akan diberikan pada saat waktu
kuliah aktif, biasanya diserahkan melalui ketua jurusan / program studi, untuk
selanjutnya dibagikan kepada mahasiswa baru.
2.2 Pengertian
Smartcard
Smart Card secara bahasa
berarti kartu pintar. Mengapa ia disebut pintar? Karena ia memiliki
mikroprosesor yang dapat melakukan perhitungan, fungsi logika dan sebagainya
seperti layaknya prosesor pada komputer / laptop Anda.
Dalam buku Smart Card
Handbook, dijelaskan sedikit sejarah tentang smart card. Pada awalnya, smart
card tidak sepintar sekarang bahkan malah ‘tidak berotak’ (tidak ada
mikroprosesor). Smart card hanyalah sebuah kartu dengan nama pemiliknya.
Digunakan sebagai alat pembayaran yang berdasarkan atas kepercayaan dan status
pemilik kartu tersebut. Kartu ‘pintar’ ini pertama kali digunakan di Diners
Club pada tahun 1950.
Sebagai alat penyimpan data,
kartu ini menyimpan nama pemiliknya. Waktu berganti, kemudian muncul berbagai
tambahan seperti nama pemilik yang diembos (timbul), tanda tangan pemilik yang
tujuannya adalah menghindari pemalsuan kartu. Semakin lama, hal ini kurang
efektif untuk menjaga keamanan kartu. Selain itu, perkembangan teknologi
membutuhkan kartu agar dapat dibaca dan diproses menggunakan komputer.
Perkembangan pertama yang cukup revolusioner adalah magnetic stripe pada bagian
belakang kartu. Magnetic stripe dapat menyimpan data seperti nama pemilik,
nomor kartu dan lain halnya sehingga komputer dapat melakukan pemrosesan data
pada smartcard.
Walaupun inovasi magnetic
stripe cukup revolusioner, tapi tetap saja teknologi ini dapat dikelabui juga
oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hingga akhirnya, inovasi yang dirasa
cukup kuat untuk menjaga keamanan kartu muncul. Inovasi tersebut adalah
menggunakan mikroprosesor beserta dua saudara kembar RAM – ROM dan Flash. Mikroprosesor
dapat ‘berpikir’ dan melakukan analisis serta perhitungan. Ia dapat menolak
atau menerima perintah yang diberikan kepadanya sehingga penyalahgunaan kartu
dapat dihindari. Itulah mengapa smart card menggunakan mikroprosesor.
2.3 Pengaplikasian
Smartcard Pada KTM di Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma
awalnya hanya membuat KTM sebagai bukti bahwa sudah menjadi mahasiswa/I
Universitas Gunadarma atau bisa disebut identitas. Mendukung guna aktivitas –
aktivitas yang ada pada Universitas Gunadarma, KTM menjadi pelengkap aktivitas
tersebut seperti memasuki Perpustakan Universitas Gunadarma, mengikuti
Laboraturium khusus yang sudah ditentukan, dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya
waktu dan zaman, Universitas Gunadarma membuat 1 Inovasi menggunakan media KTM
tersebut yaitu dengan menambahkan chip pada bagian depan kartu dan magnetic stripe
pada bagian belakang kartu atau bisa kita sebut dengan Smartcard.
Istilah smartcard bukan
istilah yang dibuat khusus oleh Universitas Gunadarma melainkan kegunaanya yang
bisa menjadikan suatu proses transaksi yang berhubungan dengan keuangan
layaknya smartcard pada umumnya.
Seperti ini bentuk KTM yang
menjadi smartcard pada Universitas Gunadarma :
III.
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan pada pembahasan
mengenai smartcard UG ini adalah kartu ini memiliki kelebihan, yaitu bisa
membantu mahasiswa yang menjadi asisten – asisten khusus di gunadarma dalam
guna mendukung transaksi keuangan, contoh pengiriman gaji tanpa asisten tersebut
membuat ATM di bank DKI. Kekurangan pada smartcard UG ini adalah, hanya bisa
transaksi khusus untuk asisten – asisten tapi tidak berguna untuk mahasiswa/I
biasa seperti transfer bayaran kuliah, bayar keperluan lainya seperti kursus,
workshop, dll yang masih tidak bisa dilakukan pada smartcard UG tersebut. Jadi sangat
jelas, jika mahasiswa/I tersebut hanyalah mahasiswa/I biasa, fungsi smartcard
tersebut tidak ada bedanya dengan KTM biasa.
3.2 Saran
Smartcard UG ini sangat
memungkinkan untuk diperbaiki fungsi kegunaanya. Bila diinginkan, mahasiswa/I
tidak perlu mengantri panjang untuk membayar kuliah semester, dan membaya
keperluan lainya yang berhubungan dengan aktivitas gunadarma agar fungsi
smartcard tersebut bisa berjalan dengan semestinya kartu pintar yang dimaksud.
Sumber :
https://sigitkurniawanisme.wordpress.com/2014/01/17/pengertian-smart-card-secara-mudah/
Jumat, 30 September 2016
Pengertian TPS, MIS, DSS, EIS, ES, OAS, GDSS.
TPS (Transaction Processing Systems)
- Pengertian : Sistem Informasi terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data– data dalam jumlah besar.
- Fungsi : Menghimpun dan menyimpan informasi transaksi.
- Pemakai : Orang yang memproses transaksi.
- Subsystem :
- Pembayaran upah(Payroll)
- Mencatat pembelian untuk transaksi(Oder Entry).
- Mengelola pembayaran tagihan kepada pemasok (Account Payable)
- Menghasilkan faktur(Invoicing)
- Menyerahkan barang dari perusahaan sampai diterima oleh konsumen(Shipping).
- Mengelola file konsumen dan menyerahkan tagihan ke konsumen (Accounts receivable).
- Mengkoordinasi pembelian barang kepada konsumen(Purcasing).
- Menerima barang dari pemasok(Receiving).
- Mengikat subsistem diatas menjadi satu & menghasilkan suatu laporan ( General Ledger)
- · Karakteristik :
- Jumlah data yang diproses sangat besar
- Sumber data umumnya internal & keluatan terutama dimaksudkan untuk pihak internal.
- Pemosresan informasi dilakukan secara teratur.
MIS (Management Information System)
- Pengertian : Kumpulan dari sistem – sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen.
- Fungsi : Mengubah data yang telah dikirim dari TPS menjadi informasi.
- Pemakai : Semua level manajemen.
- Subsystem :
- Sistem Informasi Pemasaran
- Sistem Informasi Eksekutif
- Sistem Informasi Manufaktur
- Sistem Informasi Keuangan
- Sistem Informasi Sumber Daya Manusia.
- Karakteristik :
- Memiliki karakteristik yang sama untuk bidang area fungsional (marketing, manufaktur, sdm, dan keuangan), level manajemen(operational, manajerial dan strategis), dan user(manajer atau non manajer) dimana informasi memperoleh data dari database.
DSS ( Decision Support System)
- Pengertian : Sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu dan harus diputuskan oleh manajer.
- Fungsi : Mendukung kerja satu manajer secara khusus untuk membuat keputusan.
- Pemakai : Analis, Manajer.
- Subsystem :
- Manajemen Data.
- Manajemen Model
- Antarmuka Pengguna,.
- Manajemen berbasis – Pengetahuan.
- Karakteristik :
- Berfokus ada proses keputusan daripada proses transaksi.
- Dirancang dengan mudah dan dioperasikan oleh manajer.
- Mampu memberikan informasi yang berguna bagi analisis kegiatan manajerial.
EIS (Executive Information System)
- Pengertian : Sistem berbasis komputer yang memungkinkan pihak eksekutif untuk mengakses data dan informasi.
- Fungsi : Pengidentifikasian masalah, pengeksplorasian solusi, dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis.
- Pemakai : Manajemen Tingkat menengah dan atas.
- Subsystem :
- Fasilitas komunikasi elektronik, E-mail, Komputer, word processing.
- Memiliki kemampuan analisis data misalnya spredsheet, query language.
- Memiliki organizing tools, misalnya electronic calendaring.
- Karakteristik :
- Dibuat untuk individual executive users
- Mengestrack menyaring menyingkat dan melacak “critical data”.
- Menyediakan online status access, mengakses dan menintegrasikan data internal maupun eksternal
- Bersifat user friendly, digunakan langsung oleh eksekutif tanpa perantara.
ES (Expert System)
- Pengertian : Sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan ( menyerupai intelegensia manusia) dengan kemampua menjelaskan alur penalaranya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu.
- Fungsi : Menyediakan pengetahuan pakar pada bidang tertentu untuk membantu pemecahan masalah.
- Pemakai : Orang yang hendak memecahkan masalah yang memerlukan kepakaran.
- Subsistem :
- Subsistem pemerolehan pengetahuan (knowledge acquisition sub system).
- Basis pengetahuan, mesin inferensi, pengguna.
- Tampilan pengguna.
- Papan belakang (ruang kerja).
- Subsistem penjelasan.
- Sistem pengurai pengetahuan (knowledge refining system).
- Karakteristik :
- Memiliki kemampuan belajar dan memahami masalah dari pengalaman.
- Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru.
- Mampu menangani masalah yang kompleks.
- Memecahkan masalah dengan penalaran.
- Menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah.
OAS (Office Automation System)
- Pengertian : Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang – orang di dalam dan di luat perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja,
- Fungsi : Menyediakan fasilitas untuk memproses dokumen maupun pesan sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara efisien dan efektif.
- Pemakai : Staff maupun Manajer.
- Susbistem :
- Pengolah kata
- Surat elektronik.
- Voice mail.
- Kalender elektronik
- Konferensi audio.
- Konferensi studio.
- Konferensi komputer.
- Transmisi faksimili.
- Video text.
- Pencitraan.
- Desktop publishing (DTP).
- Karakteristik :
- Menghindari biaya dengan maksud komputer tidak dapat menggantikan pegawai saat ini tetapi setidaknya menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani penambahan kerja.
- Pemecahan masalah kelompok.
- Melengkapi sehingga jika dikombinasikan dengan media tradisional akan memberikan sinergi.
GDSS ( Group Decision Support Systems)
- Pengertian : SPK kelompok yang berusaha memperbaiki komunikasi diantara para anggota dengan menyediakan lingkungan yang mendukung para pemgambil keputusan dengan perangkat lunak GDSS yang disebut groupware.
- Fungsi : Menyediakan komunikasi melalui sarana teknologi.
- Pemakai : Sejumlah orang yang bekerja dalam suatu kelompok.
- Subsistem :
- Video Conference.
- Jadwal kerja group.
- Perangkat lunak manajemen.
- Ruang kolaborasi secara elektronik.
- Karakteristik :
- Design yang khusus untuk mendukung komunikasi para individe dalam berpatisipasi
- Mudah digunakan, fleksibel, merekam segala keputusan yang diambil secara otomatis, komunikasi pararel.
Sumber
http://lintang.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.28
https://4jipurnomo.wordpress.com/computer-based-information-system-cbis/
http://yudhistira-kardin.blogspot.co.id/2015/10/penjelasan-tentang-office-automation.html
http://khusufi.blogspot.co.id/2016/03/gdss-group-decision-support-system.html
Senin, 22 Agustus 2016
Secercah Sepi
Ada dimana saat manusia sudah merasa lelah...
Bahkan dirinya tak butuh dukungan dari siapapun..
Dirinya hanya perlu "sendiri".
Tapi, apa kenyataan yang diterima ???
Diapun tak bisa mengendalikan dirinya saat angin hanyalah temanya saat itu...
Dia, sungguh letih...
Bagian terberat dari hidup ini, ketika kita tak pernah bisa mengetahui isi hati kita sendiri...
Seolah hati menolak logika...
Angin berbisik...
"Bagaimana jika seseorang tak pernah mengharapkan kehadiran kamu?"
"Bagaimana jika seseorang ingin kamu cepat pergi?"
"Mengapa kamu tidak pergi darinya sekarang?"
"Dia sudah ingin kamu pergi"
Katanya...
Aku pun menjawab, bagaimana aku pergi darinya...
Tanpa memikirkanya saja, hatiku sudah terkoyak.
Bagaimana aku pergi darinya, Dia selalu muncul di depanku, tanpa terduga.
Suatu dialog, bukan antara 2 insan...
Hanya karena sepi...
Bahkan dirinya tak butuh dukungan dari siapapun..
Dirinya hanya perlu "sendiri".
Tapi, apa kenyataan yang diterima ???
Diapun tak bisa mengendalikan dirinya saat angin hanyalah temanya saat itu...
Dia, sungguh letih...
Bagian terberat dari hidup ini, ketika kita tak pernah bisa mengetahui isi hati kita sendiri...
Seolah hati menolak logika...
Angin berbisik...
"Bagaimana jika seseorang tak pernah mengharapkan kehadiran kamu?"
"Bagaimana jika seseorang ingin kamu cepat pergi?"
"Mengapa kamu tidak pergi darinya sekarang?"
"Dia sudah ingin kamu pergi"
Katanya...
Aku pun menjawab, bagaimana aku pergi darinya...
Tanpa memikirkanya saja, hatiku sudah terkoyak.
Bagaimana aku pergi darinya, Dia selalu muncul di depanku, tanpa terduga.
Suatu dialog, bukan antara 2 insan...
Hanya karena sepi...
Senin, 18 Juli 2016
Dialog Manifestasi
Bosan ku menulis semua apa yang tertera pada dinding hati ku.
Apalagi air mata ini... Tak pernah puas untuk berhenti mengalir.
Ada apa lagi ... ??
CUKUP !!! Aku mohon, pergilah kamu.. dari fikiran ku.
Jangan sampai dinding baja dan jeruji ini berdiri sempurna dengan ada kamu di dalamnya!!
Hanya kamu, insan yang menunggu ku buatkan jeruji ini dan kamu menikmati bisik angin di dalamnya.
Kamu tersenyum kah ... ?????!!!
Kamu melihat aku seperti ini, seperti jiwa yang sudah tak ingin berdiri, kamu tertawa...
Kamu menikmatinya... bukan ???!!!
Tidak cukupkah kamu menghancurkan nya??
Tidak cukupkah kamu mengoyakan nya???
Apalagi yang ingin kamu lakukan terhadap jeruji ini ??????
Cukup, pergi...
Tolong... setidaknya..
Jika kamu tidak ingin mencintaiku seperti kisah Romeo kepada Juliet
Jangan kamu jadikan aku pengharap cintamu...
Seperti kisah Barirah dan Mughits..
Langganan:
Postingan (Atom)