STRATEGI PEMASARAN 4P
(PT. GRAMEDIA)
Disini, saya akan menjabarkan Strategi Pemasaran Toko Buku
Gramedia menurut analisa saya. Tetapi ternyata PT. Gramedia sudah menjelaskan
Strategi Pemasaran nya dan tidak menyangkutkan 4P, tetapi 3P (People,Process,
and Physical Evidence).
PT.Gramedia adalah anak perusahaan dari
kompas Gramedia. Perusahaan ini didirikan pada
2 februari 1970 yang telah berkembang sampai tahun 2011 di perkirakan
sudah lebih dari 50 toko Gramedia yang telah tersebar di indonesia. Cara PT.Gramedia
dalam melakukan strategi pemasaran barang dan jasa terutama dalam bidang 3P
(People, Process,and Physical Evidence) sehingga membuat PT.Gramedia ini terus
berkembang.
ü
People,
adalah mengenai orang yang berperan dalam suatu perusahaan PT.Gramedia
sehingga perusahaan tersebut dapat berjalan dan berkembang, baik itu para dewan
direksi, staff, maupun pegawainya. Orang yang memproduksi dan memasarkan suatu
produk juga memiliki penilaian dimata konsumen.Seperti contoh: bagaimana
pelayanan pegawai dalam melayani pelanggannya,hal ini juga sangat berpengaruh
di mata konsumen. Sejauh ini tindakan yang sudah dilakukan PT.Gramedia sangat
membuat nyaman pelanggan dalam mencari produk. Karena bukan hanya pelayanan
pegawai saja tetapi pihak direksi dan staff juga membuat ide tentang produk .
PT.Gramedia saat ini menawarkan produk
tidak hanya terbatas pada buku dan alat tulis,tapi juga peralatan
kantor, kamus elektronik, DVD, alat olahraga, kamera, CD dan film, sampai alat
music.
ü
Process , adalah serangkaian tindakan
atau metode – metode yang diperlukan PT.Gramedia untuk memberikan produk atau
jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya. Suatu proses bisa berisi
tentang metode atau prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan
konsumen.Salah satu nilai diferensiasi yang di tawarkan oleh PT.Gramedia adalah
adanya dukungan system teknologi informasi yang memberikan kemudahan untuk
perusahaan dan konsumen. Bagi PT.Gramedia dalam penerapan system teknologi
informasi ini akan memberikan gambaran tentang jumlah perputaran barang yang
masuk dan keluar setiap saat. Sedangkan bagi konsumen dukungan system teknologi
informasi ini memberikan kemudahan untuk mencari buku yang dicari.Sangat
efektif dan efesien.
ü
Physical Evidence, adalah hasil yang
dapat dilihat secara nyata untuk mendukung penampilan suatu produk, sehingga
memperlihatkan secara langsung kualitas produk serta pelayanan yang diberikan
kepada konsumen. Dengan cara adanya menambah ide dengan menambah beberapa
produk tambahan dan dukungan system teknologi informasi sudah membuat
PT.Gramedia ini menjadi lebih menarik. Terutama dalam dukungan system teknologi
informasi . Bagi perusahaan system teknologi informasi ini akan memberikan
gambaran tentang jumlah perputaran barang yang masuk dan keluar setiap saat
sehingga hal ini bisa membantu perusahaan menjaga ketersediaan barang dan
mencegah kekosongan. Sedangkan bagi konsumen system teknologi informasi ini
sangat efektif dan efesien.Karena hanya
dengan cara memasukan kata kunci yang berupa judul buku atau nama
penerbit maka penjelajahan bisa dilakukan. Informasi itu pun lengkap dengan map,
tempat rak buku itu di letakan.
Nah, sekarang kita mengetahui Strategi Pemasaran yang
dilakukan oleh PT. Gramedia. Sekarang, saya akan mengeluarkan sedikit analisis
saya tentang Price, Product, Promotion, dan Place ( 4P ) PT. Gramedia tersebut.
1. Product
Bisa
kita tau PT. Gramedia terkenal akan buku buku ilmu pengetahuan dan buku – buku
seni lainya, entah itu novel, komik, dll. Menurut saya, strategi pemasaran
Product Gramedia ini karena ingin menyediakan “Perpustakan Umum”. Mungkin jaman
dulu orang – orang jika ingin membaca buku harus ke perpustakaan yang berdiri
di suatu Organisasi atau Yayasan tertentu, tetapi dengan adanya PT. Gramedia
ini, orang – orang tidak perlu lagi pergi membaca buku di perpustakaan khusus,
dengan adanya PT. Gramedia, segalanya menjadi mudah dan efisien, dan kita pun
tidak hanya dapat membaca nya, tetapi kita bisa membelinya tanpa meminjam.
Sekarang
kita tau, Gramedia tidak hanya menyediakan buku, tetapi juga barang – barang
lainya seperti, alat tulis, alat elektronik, dll. Mungkin PT. Gramedia ingin
mengembangkan perusahaan nya dengan perusahaan serba ada. Tetapi, walaupun
sekarang Gramedia menyediakan selain Buku-Buku ketika kita mendengar kata
“Gramedia”, fikiran kita akan berfikir tentang “Buku-Buku”.
2. Price
Harga-harga
yang tertara di Gramedia cukup terjangkau dan sangat berkualitas. Kita sering
lihat ketika buku yang sedang booming dibicarakan, pasti harga jual buku tersebut
bisa terbilang mahal, karena strategi pemasaran adalah semakin banyak peminat,
semakin harga jual yang tinggi. Factor apa yang bisa membuat peminat makin
banyak dan harga tinggi tidak jadi masalah? Yaitu “Isi” buku tersebut. Cerita
atau isi yang ada pada buku, bisa meningkatkan daya tarik konsumen dan
perusahaan pun (Khususnya Gramedia) bisa dengan mudah menaikkan harga yang
cukup tinggi. Jangan khawatir, PT. Gramedia tidak menaikkan semua harga buku,
harga buku pada umumnya di Gramedia sangatlah terjangkau J
3. Promotion
Ketika
kita mendengar dan membiacarakan “Promotion”, yang terbenak di fikiran kita
adalah apa yang kita promosikan dan bagaimana kita mempromosikan barang
tersebut. Ternyata Gramedia punya strategi yang cukup unik, yaitu mengadakan lomba
– lomba ketika ada event event. Dan itu adalah salah satu strategi pemasaran
yang cukup baik untuk mempromosikan barang – barang Gramedia secara tidak
langsung.
4. Place
Ketika
kita sudah membicarakan Place (Tempat) pasti kita mencari yang “Strategis”. Yang
dimaksud Strategis itu tempat yang tidak susah ditemukan dan dapat dijangkau
jaraknya dengan mudah bagi masyarakat. Gramed pada awalnya berdiri sendiri,
tetapi zaman berkembang, dan Gramedia pun akhirnya mendirikan Toko nya tersebut
di Mall Mall atau Pusat Perbelanjaan dengan tujuan agar Mall tidak hanya untuk
fasilitas berbelanja dan orang orang dapat menjangkau nya dengan mudah. Dan sekarang
Gramedia pun mempunya cabang di masing-masing tempat agar memudahkan pengiriman
stock barang (Terutama Buku).
Mungkin itu menurut saya tentang 4P yang ada pada PT.
Gramedia. Jika ada kekurangan dari Artikel saya ini, saya mohon maaf yang
sebesar-besarnya. Saya ucapkan Terima Kasih J
Wassalamualaikum,
wr.wb
Sumber :
- http://sandrayuliapermatasari.blogspot.com/2011/12/perkembangan-ptgramedia-dalam-strategi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar